-->

Iklan 728x90

Perangkat Output pada Printer


Perangkat Output pada Printer

   > Halo ketemu lagi dengan saya diBlog cyanogen99,. Kali ini saya akan membahas tentang pengenalan perangkat output pada printer.

   Perlu diperhatikan bahwa sebelum anda menggunakan printer, software printer harus sudah terinstal terlebih dahulu kedalam komputer. Printer merupakan salah satu perangkat output komputer, alat ini berfungsi untuk menampilkan hasil pekerjaan anda kedalam bentuk cetakan kertas. Berdasarkan operating system yang digunakan, beberapa printer yang ada sudah tersedia software pada operating system yang digunakannya.

Jenis-jenis printer terdiri dari :
   1. Printer Jenis Inkjet
  Printer jenis ini pada umumnya menggunakan tinta dye yang merupakan jenis tinta dengan kelebihan hasil cetakan warna yang sangat sempurna, tetapi sangat mudah luntur dan kurang tahan lama terhadap perubahan cuaca. Jenis tinta lainnya adalah tinta pigmen yang mempunyai karakteristik yang tidak cepat luntur, dan waktu pengeringan tintanya lumayan cepat dari tinta dye namun hasil cetakan warnanya tidak secantik tinta dye.
   2. Printer Jenis Dot Matrik
  Printer jenis ini printer yang resolusi cetakannya masih sangat rendah karena disebabkan print head jenis ini terdiri dari jarum-jarum yang tersusun ( sekitar 9-24 pin ), nanti jarum-jarum ini akan "memukul" pita sehingga membentuk sebuah karakter atau text pada kertas. Kelebihan dari printer ini adalah dari segi pita printer yang murah, lumayan tahan lama, dan printer jenis ini ada kekurangan dalam hal kualitas cetakan tidak sebagus printer injek dan printer laser, printer jenis ini sangat cocok untuk mencetak dokumen berupa cetakan saja, dikarenakan printer jenis ini hanya memiliki satu warna saja, yaitu wana hitam.
   3.Printer Jenis Laser Jet
  Printer jenis ini printer dengan bahan tinta berbentuk serbuk atau toner. Cara kerjanya sangat mirip dengan mesin fotocopyan sehingga printer ini mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan mencetak dokumen dibandingkan dengan printer lainnya, selain itu kualitas hasil cetakannya juga sangat bagus dan tintanya juga lebih cepat kering bila dibandingkan dengan printer inkjet.
Jenis Port pada Printer
   Perangkat output termasuk printer yang harus dihubungkan dengan komputer. Untuk menghubungkan perangkat output ke komputer tentunya anda harus menyesuaikan poet yang ada di komputer, berikut port-port yang ada dikomputer untuk menghubungkan ke konektor printer.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Iklan Tengah Post