-->

Iklan 728x90

Mengenal Peripheral pada Komputer


Mengenal Peripheral pada Komputer

   > Halo ketemu lagi dengan saya diBlog cyanogen99,. Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengenalan Peripheral pada Komputer.

   Peripheral adalah perangkat tambahan yang dipasang pada komputer. hardware tambahan ini biasanya di pasang ke komputer, dan biasanya dibantu dengan sebuah kabel ataupun bisa menggunakan perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer untuk menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang di dalam casing.

A. PERIPHERAL KOMPUTER

   1. Peripheral Utama ( Main Peripheral )
Yaitu perangkat peripheral yang harus ada dalam mengoprasikan komputer.
contoh peripheral utaman yaitu antara lain monito, keyboard, mouse.
   2. Peripheral Tambahan ( Auxillary Peripheral )
Yaitu peralatan yang tidak wajib ada saat mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.
Contoh peripheral pendung : perinter, scanner, modem, web cam, dan lain-lain.
Berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian pada komputer terbagi menjadi 2 yaitu :
   1. Perangkat Masukan ( Input )
Input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
Perangkat tersebut yaitu keyboard, mouse, scanner, digitizer, mickrophon, camera digital, dan peripheral lainnya.
   2. Perangkat Keluaran ( Output )
Output adalah peralatan yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer.
Perangkat tersebut yaitu monitor, printer, speaker, plotter, dan peripheral lainnya.
Berikut ini contoh jenis-jenis peripheral dengan berbagai tugasnya :

Keyboard
   Keyboard berfungsi untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara mengetik, dan pada saat ini perusahaan ternama sudah membuat keyboard tanpa kabel ( Wireless ) yang menggunakan pancaran infrared ataupun radio frekuency.


Mouse
   Mouse berfungsi untuk mengendalikan kursor atau tanda panah yang ada dilayar monitor dengan cara menggerakannya. Untuk mouse versi lama biasanya terdapat bola karet dibawanya, mouse yang akan menggerakan kursor atau tanda panah pada layar monitor, sekarang mouse sudah tidak menggunakan bola karet lagi tetapi sudah menggunakan laser, dan biasanya disebut optical mouse atau disebut juga dengan laser mouse.

Scanner
   Scanner berfungsi untuk mengambil cetakan seperti " gambar, text, dan foto " untuk bisa ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner yang sudah diketahui yaitu hand scanner ( digerakan dengan tangan ) dan flatbed scanner ( seperti mesin fotocopy ).


Printer
   Printer berfungsi untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas, ada jenis kertas yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.
Plotter
   Plotter sama fungsinya dengan printer tetapi alat ini dikhususkan hanya untuk mencetak gambar, kertas yang digunakan juga lebih besar dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido ( pena khusus untuk menggambar ), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Iklan Tengah Post