-->

Iklan 728x90

Pengertian LAN, MAN, WAN


Pengertian LAN, MAN, WAN
www.cyanogen99.blogspot.com

     > Halo ketemu lagi dengan saya diBlog cyanogen99, kali ini saya akan membahas tentang pengertian jaringan LAN, MAN, dan WAN.

     Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jaringan, jaringan adalah sebuah sistem komputer yang dibuat untuk dapat berbagi sumber daya ( CPU ), Komunikasi ( E-Mail ), dan dapat Mengakses Informasi ( Web ). Jaringan komputer sebenarnya ada 5 macam yaitu : LAN ( Local Area Network ), MAN ( Metropolitan Area Network ), WAN ( Wide Area Network ), Internet dan Wireless ( Tanpa Kabel ). Tapi kali ini saya akan membahas tentang 3 jaringan saja, yaitu LAN, MAN, WAN.
Dan langsung saja kita bahas OK.. :

1. LAN ( Local Area Network )
     Lan adalah sebuah jaringan komputer yang mencangkup wilayah Local. Dengan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti kabel UTP ( Unshielded Twisted-Pair ), Hub, Switch, Router, dan lain sebaginya. Contoh dari jaringan Lan itu terdapat dalam sekolahan, perusahaan dan warnet. Selain dari adanya ethernet, saat ini sudah ada juga jaringan konektifitas 802.11b atau yang biasa kita kenal dengan sebutan WIFI yang dapat digunakan sebagai perantara dari jaringan Lan. Tempat yang menyediakan layanan Lan dengan teknologi WIFI disebut juga Hotspot.

Keuntungan dari pengguna jaringan Lan adalah lebih iritnya biaya proporsional, lebih irit dalam penggunaan kabel, tranfer data lebih cepat karena mencangkup wilayah kecil atau Local. 
Kerugian dari pengguna jaringan Lan adalah cangkupan wilayah lebih sempit dan area cakupan tranfer tidak begitu luas.
2. MAN ( Metropolitan Area Network )
     Man adalah sebuah jaringan dalam suatu kota dengan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai tempat dari lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dan sebagainya. Untuk membuat suatu jaringan Man biasanya kita perlu adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer.

Keuntungan dari pengguna jaringan Man adalah cakupan wilayah yang cukup luas sehingga umtuk berkomunikasi lebih efisien dan mempermudah dalam hal berbisnis.
Kerugian dari pengguna jaringan Man adalah lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target lokasi bagi para Cracker umtuk mengambil keuntungan pribadi.
3. WAN ( Wide Area Network )
     Wan adalah sebuah jaringan yang menghubungkan ke sebuah jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua lainnya. Jaringan Wan biasanya menggunakan kabel fiber optik serta menanamkannya didalam tanah maupun menggunakan jalur bawah laut.

Keuntungan dari pengguna jaringan Wan adalah cakupan wilayah yang lebih luas dari jenis jaringan Lan dan Man, tukar-menukar informasi bisa menjadi rahasia dan terarah karena komunikasi dari suatu negara ke negara lainnya membutuhkan keamanan yang lebih, dan juga mempermudah dalam hal mengembangkan bisnis.
Kerugian dari pengguna jaringan Wan adalah biaya operasional yang sangat besar, sangat rentan bahaya pencurian data-data penting,perawatan terhadap jaringan Wan sangat berat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Iklan Tengah Post