-->

Iklan 728x90

Cara Melakukan Perawatan PC


Cara Melakukan Perawatan Pada  PC dan Komponen - komponennya
www.cyanogen99.blogspot.com

   > Halo ketemu lagi nih dengan saya diBlog cyanogen99. Ok kali ini saya akan mengupdate tentang cara melakukan perawatan pada PC dan komponen - komponennya.
   Saat ini komputer / laptop sudah menjadi kebutuhan primer dimasyarakat, penggunaan komputer saat ini sudah sangat dibutuhkan apalagi diabad ini dengan adanya koneksi internet yang memungkinkan menjelajah informasi di dunia dengan sangat cepat, dan dalam penggunaan jenis PC ( Personal Computer ). PC adalah merupakan suatu kumpulan komponen yang terhubung kedalam satu wadah yang disebut dengan Casing PC, adapun komponen PC yang pasti memerlukan perawatan seperti halnya dengan alat-alat elektronik lainnya. Perawatan ini agar komponen-komponen dalam PC tetap awet dan tahan lama, dalam melakukan perawatan PC pasti kita harus mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk membersihkan komponennya.
Berikut cara melakukan perawatan PC dan aspek-aspek apa saja yang harus dipenuhi untuk memulai perawatan PC.

    A. Perlengkapan

1. Obeng (+/-)
   Obeng digunakan untuk membuka komponen dalam PC, dikarenakan komponen-komponen tersebut dipasang menggunakan baud agar terpasang erat pada badan casing PC yang digunakan, dan obeng yang digunakan harus ( + / - ).

2. Kaos tangan
   Kaos tangan digunakan agar komponen-komponen yang dipegang menggunakan tangan tidak tersentuh langsung dengan komponen karena adanya kaos tangan ini, kaos tangan ini juga akan mempermudah untuk membersihkan komponen-komponen pada PC.

3. Gelang statik
   Gelang statik digunakan untuk menetralkan arus listik statik yang terdapat pada tangan kita, listrik statik ini juga dapat merusak komponen-komponen pada PC, komponen PC akan tetap awet dan tahan lama jika kita menggunakan gelang statik.

4. Tisu kering
   Tisu kering adalah komponen yang sangat diperlukan saat melakukan perawatan PC, tisu ini nantinya akan digunakan untuk membersihkan komponen-komponen yang tertutup oleh debu, dan jika ada debu atau kotoran yang membandel kita perlu menggunakan alkhohol seperlunya.

5. Vacuum cleaner kecil
   Vacuum cleaner juga digunakan untuk menghilangkan debu shoft yang susah dihilangkan dengan menggunakan tisu, jika anda tidak mempunyai Vacuum cleaner, anda juga bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkan bagian-bagian sulit pada PC.

    B. Perawatan Komponen pada PC

1. Mainboard
   Mainboard merupakan induk komponen pada PC, dalam melakukan perawatan pada mainboard anda harus menghilangkan semua debu yang ada pada mainboard tersebut dengan Blower atau Kuas, dengan menggunakan alat tersebut akan dipastikan bersih.

2. RAM
   Ram merupakan komponen penyimpanan chace pada processor yang merupakan alat yang membantu kinerja processor, dalam melakukan perawatan pada RAM anda hanya perlu menggosok pin pada RAM dengan menggunakan penghapus karet dan juga pada bagian slot dibersihkan dengan kuas.

3. Fan / Heatsink
   Dalam melakukan perawatan PC hal yang paling penting ada dibagian ini, karena dibagian ini terdapat banyak debu yang tersangkut pada kipas fan, cara membersihkannya anda bisa menggunakan vacuum cleaner kecil atau kuas untuk membersihkan bagian yang susah untuk dijangkau.

4. Hardisk
   Hardisk merupakan komponen penyimpanan pada PC, perawatan pada hardisk ini bisa dibilang cukup mudah karena anda harus membersihkan bagian luarnya saja, dan jangan sekali-kali anda membuka hardisk tersebut bisa-bisa hardisk anda rusak.

5. Processor
   Pada bagian Processor anda tidak usah membuka socket untuk menjaga keamanan dalam melakukan perawatan, yang perlu anda lakukan hanya mengganti pasta yang lama dengan pasta yang baru. ( Jangan sekali-kali menggunakan pasta gigi )

6. Casing
   Pada bagian ini anda hanya mebersihkan debu yang ada didalam dan diluar casing, dalam melakukan perawatan ini anda hanya membutuhkan vacuum cleaner kecil dan tisu untuk membersihkan debu yang terdapat pada casing tersebut.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Iklan Tengah Post