-->

Iklan 728x90

Penjelasan dan Contoh Bahasa Pemrograman dan Logika Algoritma

Penjelasan dan Contoh Bahasa Pemrograman dan Logika Algoritma


cyanogen99.blogspot.com
       Bahasa pemrograman merupakan program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis diprogram kedalam bahasa mesin ( Machine Languange ), sehingga dapat diterima  dan dimengerti oleh komputer. Apabila lenguange software tidak tersedia, maka pembuat program harus menulis secara langsung dengan bahasa mesin yang terbentuk bilangan-bilangan Binary. Suatu intruksi program yang ditulis dalam bahasa mesin dapat terbentuk seperti 000100110010. Tanpa mengetahui arti tertentu dari masing-masing bagian dari bilangan binary tersebut secara persis, maka akan sangat sulit untuk dimengerti dengan benar maksud dari intruksi tersebut. Intruksi yang terbentuk bilangan binary disebut dengan object code. Sedangkan kumpulan dari intruksi-intruksi yang membentuk suatu program dalam bahasa mesin disebut dengan object program. Tiap-tiap intruksi object code terdiri dari operation code dan open and.
  • Penerjemah bahasa pemrograman di bedakan menjadi 3 macam yaitu :
  1. Asambler adalah Program yang digunakan untuk menerjemahkan code sumber dalam bahasa rakitan kedalam bahasa mesin.
  2. Kompiler adalah Program penerjemah yang mengkonversi suatu code sumber selain bahasa rakitan menjadi code object.
  3. Interpreter adalah Program yang menerjemahkan satu persatu intruksi dalam code sumber kemudian menjalankan intruksi yang telah diterjemahkan tersebut.
Prangkat lunak merupakan program yang digunakan untuk menerjemahkan printah-printah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin. Sehingga dapat diterima dan dimengerti oleh komputer.
  1. Bahasa Mesin termasuk kedalam bahasa tingkat rendah karena sifat dari bahasa mesin lebih berorinentasi pada mesin. Bahasa ini berupa code-code yang terdiri dari sekumpulan angka yang ada di dalam komputer yang biasanya diwakili oleh code angka 1 dan 0.
  2. Bahasa Assambly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan. Bahasa assambly kebanyakan di gunakan untuk pengendalian hardware yang diwujudkan dalam kependekan kata-kata sebagai pengganti code-code biner, misalnya JNZ ( Jump Non Zero ) Lompatlah jika tidak sama dengan nol.
  3. Bahasa Tingkat Tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang karena memang dirancang untuk orang awam.
> Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis untuk penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logic. Melaksanakan algoritma berarti mengerjakan langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah / benar, karena itu algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemroses.
  1. Mengerti setiap langkah dalam Algoritma.
  2. Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.
* Ciri Algoritma :
Algoritma harus diberhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti -dua Algoritma harus efektif ( setiap langkah harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal ).
* Contoh Algoritma :
Algoritma untuk menulis surat, maka anda harus melakukan beberapa langkah mempersiapkan alat tulis, seperti pena atau pensil.
* Struktur Data
Suatu koleksi atau kelompok data ( susunan simbol-simbol ) yang dapat dikarakteristikan oleh oraganisasi serta dapat di operasikan sesuai dengan definisi yang diberikan terhadapnya dikomputer.

Definisi lain dari Algoritma adalah deretan langkah-langkah komputasi yang mentranformasikan data masukan menjadi keluaran [ COR92 ].

- Algoritma adalah deretan intruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh pengeluaran yang di inginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas [ LEVO3].
- Algoritma adalah prosedur komputasi yang didefinisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukan dan menghasilkan beberapa nilai yang disebut keluaran. Jadi, algoritma adalah deretan langkah komputasi yang menstranformasikan masukan menjadi keluaran [ COR89 ].

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Iklan Tengah Post