-->

Iklan 728x90

Mengetahui 10 Macam Kerusakan Komputer dan Cara Memperbaikinya

Mengetahui 10 Macam Kerusakan Komputer dan Cara Memperbaikinya



> Ok kali ini saya akan berbagi tentang Tips dan Trik untuk masalah Komputer.
Sebagian pengguna computer baik itu PC maupun Laptop pernah mengalami masalah, baik masalah atau kerusakan tersebut maupun disengaja atau tidak disengaja, berikut ini saya akan memberi solusinya.

Dari pengalaman yang saya peroleh tentang kerusakan pada komputer antara lain:
1.komputer tidak mau menyala ataupun komputer tidak mau hidup

Menurut saya kejadian berikut biasanya terdapat dari beberapa faktor yaitu
  • Koneksi kabel yang terhubung dari power tempatnya kepower pada PC
  • Kabel power rusak
2.Komputer tidak dapat mengenali prangkat Keyboard
  • Untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa mengecek apakah keyboard sudah terpasang dengan benar?, apa bila sudah terpasang dengan benar tetapi masih komputer belum mendeteksi kemungkinan permasalahanya ada pada keyboard itu sendiri, dan anda bisa mengganti port USB ke port PS2, dan jika sudah mengganti silahkan restart ulang komputer anda, jika masih belum terdeteksi mungkin anda harus menginstal kembali sistem operasinya.
3.Perangkat kumputer anda hidup tetapi tidak bisa melakukan booting.

Biasanya permasalahan ini bisa di diagnisis dengan cara mengenali bunyi beep
  • Tanda beep 1 kali panjang, biasanya terdapat permasalahan di komponen memory
  • Tanda beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek, biasanya terjadi kerusakan pada komponen VGA card
  • Kalau beep terus menerus, ini merupakan tanda adanya kerusakan pada memory atau memory video (VGA)
4.Komputer sering mengalami Hang

  • Biasanya ini terjadi karena disebabkan crash pada software, untuk mengatasinya anda bisa tekan tombol ctrl + alt + del kemudian pilih program yang mengalami crash tadi biasanya ada keterangan "Not Responding" kemidian anda klik End task pada program tersebut atau bisa juga dengan merestart Komputer. selain itu permasalahan juga bisa disebabkan adanya penambahan yang mengakibatkan terjadinya konflik, biasanya konflik antar hardware sering ditemui apabila Anda memakai sistem operasi windows, anda juga bisa melakukan install ulang sistem operasi windows anda, akan tetapi yang perlu anda perlu ingat sebelum anda menreinstall sistem operasi windows anda, jangan lupa untuk melepaskan hardware baru anda, setelah anda instal anda bisa memasang kembali hardware tadi dan melakukan scant hardware dengan fasilitas �add new� hardware yang biasanya terdapat pada menu control panel.
5.Sering terjadi crash pada komputer anda
  • Permasalahan ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor, anda bisa mengecek semua komposisi Hardware, RAM, kabel, Suhu CPU, VGA dan juga Processor.
6.Settingan tanggal dan waktu pada BIOS berubah - ubah
  • Kerusakan ini disebabkan oleh battry CMOS yang sudah habis, anda bisa mengganti battry CMOS dengan yang baru
7.Monitor tidak hidup
  • Anda pastikan semua kabel yang tertancap pada power ataupun konektor yang tersambung dengan monitor sudah ok, kemudian anda pastikan pin port VGA dapat masuk dengan sempurna serta kondisi pin tidak ada yang bengkok.
8.Saat digunakan monitor berkedip
  • Untuk masalah ini anda dapat membetulkan kabel VGA atau anda juga masuk ke display properties ( klik kanan sembarang tempat pilih properties ), kemudian anda dapat tekan tab setting kemudian klik advance, setelah itu anda dapat mengklik adapter, pada bagian ini ditampilkan refresh raet yang diinginkan.
9.Ukuran tampilan monitor tidak sesuai
  • cara mengatasi permasalahan ini anda bisa masuk ke menu display properties, klik kanan sembarang tempat didesktop kemudian pilih properties, setelah itu pilih tab setting dan atur ukuran tampilan sesuai keinginan anda ( pada screen area )
10.Tampilan komputer tiba-tiba menjadi rusak dan komputer kemudian hang
  • Biasanya masalah ini terjadi karena suhu VGA card terlalu panas, anda bisa menambah kipas pendingin untuk mengatasi masalah tersebut.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Iklan Tengah Post