-->

Iklan 728x90

Cara Mem-Beckup dan Me-Restore Software


   > Halo ketemu lagi dengan saya di blog cyanogen99,. Ok kali ini saya akan membagikan artikel yang berguna untuk keperluan komputer anda, tentang Cara Mem-Beckup dan Me-Restore Software.


   Backup dan Restore Software

   Backup dapat diartikan dengan proses membuat salinan data sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan pada data yang asli. Salinan data yang dibuat disebut dengan ( data backup ), manfaat dari proses satu ini adalah mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan ataupun kehilangan data, mengembalikan file yang tanpa sengaja terhapus.

   Media Penyimpanan data ( Storage )

   Setiap backup dimulai dengan pertimbangan tempat data backup yang akan disimpan. Data backup harus disimpan dengan pertimbangan tempat data yang akan anda simpan. Perbedaan dalam penggunaan model penyimpanan data akan memberi manfaat yang berbeda, pengambilan manfaat ini berkaitan dengan skema rotasi backup yang digunakan.

   Pemilihan media penyimpanan data menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam proses backup, ada banyak tempat penyimpanan yang dapat anda pilih dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing pada media penyimpanan tersebut. Contohnya :

  • Hardisk
   Keunggulan utama dari penyimpanan ini adalah waktu akses yang cepat, variasi kapasitas yang luas dan kemudahan pengguna.
  • Optical Disk
   CD dan DVD yang dapat merekam adalah dua pilihan yang ada dalam kategori ini. Akan tetapi dengan semakin murahnya drive DVD dengan kapasitas yang lumayan besar, pemilihan DVD sebagai media backup lebih menjanjikan dari pada CD.
  • Tape Magnetic
   Tape magnetic ini mirip dengan kaset audio atau kaset pita yang menyimpan data dalam maghnet panjang yang berputar dari titik awal sampai akhir.
  • Floppy Disk
   Media ini sudah lama ditinggalkan dikarenakan kapasitas yang kecil untuk membackup data, dengan semakin besarnya file-file yang dimiliki seseorang.
  • Remote Backup Services
   Media penyimpanan ini tidak berupa benda fisik yang nyata, namun berupa service atau layanan. Biasanya perusahaan penyedia jasa ini menyewakan ruangan penyimpanan data yang proses aksesnya melalui jaringan internet.
  • Solid State Storage
   Yang masuk dalam kelompok media penyimpanan ini ada banyak, diantaranya flash memory, thumb drives, compact flash, secure digital cards, memory card, dan seterusnya. Portabilitas adalah keunggulan sekaligus kelemahan dari alat penyimpanan ini.

   Restore Data

   Restore data adalah proses penting setelah backup. Backup akan menjadi sia-sia bila proses pengembalian data sistem sulit dilakukan, untuk mencapai tujuan ini ada beberapa  pendekatan yang harus di perhatikan, yaitu proses backup harus dilakukan dengan aturan yang jelas, hindari membackup dengan sembarangan. 

   Banyak software yang digunakan untuk membackup data, salah satunya yang cukup populer saat ini adalah Nero. Fungsi utama Nero sebagai software burning CD sangat mempermudah keperluan backup.

   Restore dan Recovery Software

   Restore Software adalah kasus khusus dari restore data. Pengguna software baik aplikasi maupun sistem operasi biasa tidak akan berjalan dengan sempurna. Ada masanya software rusak atau terjadi konflik librari, kerusakan file, hilang file yang berujung software tidak dapat digunakan lagi.

   Beberapa software aplikasi memiliki fitur repair dalam menu add/remove program. Fitur ini sangat berguna bila mana software terinstal sudah mulai tidak berfungsi dengan bener. Tentunya sebelum proses dilakukan, file-file yang tersimpan dan yang berkaitan dengan "software tertentu" harus di backup terlebih dahulu.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Iklan Tengah Post