-->

Iklan 728x90

Sejarah Jaringan Komputer dan Perkembangannya

   > Halo ketemu lagi dengan saya diBlog cyanogen99,. Kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah jaringan komputer dan perkembangannya.
Sejarah perkembangan jaringan komputer ini bisa dibilang sangat pesat, karena pada perubahan zaman semua alat-alat didunia akan semakin modern.


   Pada awalnya, ide untuk membuat suatu jaringan komputer adalah agar suatu perangkat komputer bisa digunakan secara bersama-sama, hal ini pun tentu saja mempengaruhi harga sebuah komputer sangat mahal. Hingga kini Sejarah perkembangan komputer akan terus dipelajari, dan jika anda sudah penasaran dengan perkembangan jaringan komputer silahkan lihat artikel dibawah ini.

1. Tahun 1940-an : Batch Processing
   Sejarah jaringan komputer ini bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika, tepatnya disebuah laboratorium Bell dan juga group riset dari universitas Harvard. Saat itu Prof. H.Aiken memimpin suatu penelitian yang mengenai tentang perkembangan dari computer Model 1. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak memakan waktu, dibuatlah sebuah program yang disebut ( Batch Processing ) atau yang dalam bahasa indonesia dikenal dengan sebutan proses beruntun. Proses ini lah yang kemudian dapat memanfaatkan beberapa komputer bisa mengerjakan banyak program dan mengerjakannya dalam sekali waktu.

2. Tahun 1950-an : Memulai dikembangan proses TSS ( Time Sharing System )
   Pada tahun ini pengembang dari sebuah sistem komputer menjadi semakin berkembang. Dengan adanya penciptaan dan pengembangan dari komputer ini, dimana sebuah komputer yang harus bisa melayani dan juga menjalankan program dibeberapa terminal. System tersebut dengan nama system TSS atau Time Sharing System. Dan sistem ini yang pertama kali mengimpletasikan dan juga menjadi cikal bakal network atau jaringan yang sudah kita kenal saat ini. TSS ini merupakan suatu sistem yang dimana sebuah komputer yang dapat melayani beberapa termianal yang memungkinkan satu komputer bisa menjadi server.

3. Tahun 1970-an : Distibution Processing Perkembangan dari TSS
   Sistem jaringan ini disebut juga dengan nama proses distribusi. Kelebihan dari sistem ini adalah pengguna sistem ini memungkinkan lebih dari 2 host dalam mengerjakan tugasnya, dimana masing-masing server mampu melayani banyak terminal. Kemampuan program ini mampu mengelola data dan melayan station/terminal menjadi lebih optimal, karena sistem ini mampu untuk menghendle banyak terminal.
Perkembangannya :
   - Pada tahun  1972 terobosan baru : Surat Elektronik dan ARPANET
Pada tahun tersebut seseorang dengan nama Roy Tomlison berhasil mengembangkan suatu sistem surat elektronik atau pada saat ini yang kita sebut dengan E-mail. Setelah email berkembang pesat dan banyak diminati Roy membangun sebuah jaringan yang diberi nama dengan ARPANET, yang ternyata sangat mudah untuk digunakan hingga saat ini.
   - Pada tahun berikutnya, ditahun 1973 ada dua orang yang mengembangkan dan mengusulkan sebuah jaringan komputer yang sangat luas dan dapat digunakan oleh seluruh dunia. Vinton Cerf dan juga Bob Kahn adalah yang akan menjadi cikal bakal dari terciptanya internet ke seluruh dunia.

 4. Tahun 1980-an : Standarisasi Jaringan dengan menggunakan TCP/IP
   Pada tahun 1982 sebuah proocol dibuat dan protocol tersebut diberi nama TCP ( Transmission Control Protocol ) atau yang kita kenal dengan sebutan internet protocol. Protocol ini memungkinkan banyak komputer yang terhubung kedalam sebuah jaringan internasional yang menghubungkan banyak user diseluruh dunia.
Perkembangannya :
   - Pada tahun 1984 : Pengenalan Domain Name System
Pada tahun tersebut diperkenalkanlah sitem domain. Domain sistem ini dapat meragamkan alamat-alamat yang berada dalam jaringan yang sama dengan domain name system atau dikenal sebagai DNS, dimana dalam satu DNS terdapat beberapa alamat yang berbeda dan dapat dikunjungi oleh banyak orang, siapa pun yang masuk melalui jaringan internet. Jenis jaringan yang pertama digunakan adalah jaringan LAN, sistem jaringan ini juga dikenal dengan sebutan peer to peer. Koneksi jaringan peer to peer ini hanya bisa digunakan oleh 2 komputer/PC supaya jaringan terhubung dan juga terkoneksi dalam sebuah jaringan, tanpa membutuhkan sebuah host ataupun server.
   - Pada tahun berikutnya, ditahun 1988 seorang berkebangsaan Finlandia yaitu Jerkko Oikaren mengembangkan suatu program sistem chatting berbasis jaringan komputer secara luas dengan menggunakan jaringan internet. System ini dinamakan sebagai Internet Relay Chat ( IRC ) dimana penggunanya sebagai user dapat melakukan chatting dengan menggunakan jaringan internet.
Keunggulan Internet Relay Chat ( IRC )
   Pada saat itu, sistem ini merupakan salah satu terobosan baru, karena pada masa itu fitur berkirim pesan dengan menggunakan SMS juga belum populer, atau bahkan belum ada. Dengan adanya perkembangan sistem chatting tersebut, pada tahun itu penggunaan komputer juga bertambah dengan sangat pesat.

5. Tahun 1990-an : Kelahiran World Wide Web atau disebut juga WWW
   Pada tahun 1990, seorang yang bernama tim Berners Lee mulai mengembangkan dan merancang suatu program yang dapat melihat isi internet dengan nama WWW. Pengembangan World Wide Web sangat memungkinkan antar komputer agar dapat melakukan penjelajahan dan memberikan akses bagi anggota user.
Fitu yang Berkembang pada masa WWW
   Pada tahun ini pula anda sudah mulai bisa malakukan berbelanja dengan menggunakan alamat website, yang biasa kita kenal dengan sebutan e-retail, yang saat ini berkembang menjadi e-commerce. Pada tahun ini juga Yahoo sudah mulai berdiri, dan muncul lah pengguna netschap navigator sebagai alat ataupun browser yang dapat digunakan untuk melakukan browsing.

Sekian pembahasan saya tentang sejarah jaringan komputer dan perkembangannya, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. :D
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Iklan Tengah Post